Label

Sabtu, 24 Maret 2018

Pembahasan Ekonomi Teknik

Ekonomi Teknik

Ekonomi Teknik  adalah bagian dari ilmu ekonomi yang bisa di aplikasikan pada proyek. Ekonomi teknik biasa digunakan oleh para insinyur untuk mencari solusi terbaik dengan mengukur nilai ekonomi dari setiap alternatif solusi yang potensial. Dapat disimpulkan bahwa ekonomi teknik adalah evaluasi  alternatif untuk menetukan suatu aktivitas atau investasi yang dapat memberikan kerugian (Least Costly) atau yang memberikan keuntungan paling banyak (Most Profitable). 
Ekonomi Teknik sangat berperan disuatu proyek. Supaya agar mengetahui seberapa besar keuntungan dan kerugian yang ada, serta dijadikan sebagai evaluasi permasalahan yang ada. Studi ekonomi
teknik dilaksanakan untuk menemukan dan mengevaluasi pilihan yang tersedia. Studi ini menjelaskan ada sejumlah alternatif yang lebih ekonomis dibanding alternatif yang ada (Giatman, 2006).
Selain itu menurut Giantman, 2006, Persoalan pokok yang dibicarakan dalam ekonomi teknik adalah bagaimana kita bisa menilai apakah tindakan yang diusulkan itu akan terbukti ekonomis untuk jangka panjang jika dibandingakan dengan altenatif yang mungkin. Penilaian tersebut tidak bisa didasarkan pada perasaan hal ini harus dipecahkan dengan sebuah studi ekonomi teknik. Nilai ekonomi juga tergantung dari hukum kegatan dan ketersediaan. Kegiatan ekonomi di sebuah proyek untuk memperoleh pada siklus suatu kegiatan proyek atau usaha yang ada. 
Dalam Ekonomi Teknik, juga ada pembahasan dan perhitungan mengenai umur mesin ,disetiap perusahan besar maupun kecil yang menggunakan mesin dalam usahanya. Selalu dihadapkan kepada masalah apakah mesin yang digunakan masih dapat terus dioperasikan atau apakah mesin yang baru akan lebih ekonomis untuk dimiliki. Semakin bertambah umur mesin mengakibatkan total biaya operasi akan menaik. Seorang pimpinan perusahaan harus mampu mengambil keputusan untuk mempertahankan mesin yang sudah ada atau menggantinya dengan mesin yang baru. Keputusan tentang masalah ini harus dibuat hati-hati serta seirama dengan perubahan dan perkembangan teknologi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar