Label

Minggu, 10 April 2016

Minuman Khas Yogyakarta

Mungkin banyak orang yang sudah tau makanan-makanan khas Yogyakarta. Kali ini saya akan membahas tentang minuman-minuman khas Yogyakarta. Apa saja ya?

1. Bir Jawa
Ini adalah minuman tradisional khas  Yogyakarta, Akan tetapi minuman ini tidak beralkohol. Melainkan minuman ini dibuat untuk minuman penghangat badan. Minuman ini sudah ada sejak Sri Sultan Hamengku Buwono VIII memerintah.
Bir Jawa  ini terbuat dari berbagai macam rempah.Yaitu, bunga cengkeh, kayu manis, serutan kayu secang, jahe, kapulaga, daun serai, daun pandan, jeruk nipis, dan gula pasir atau gula batu.
Semua bahan ini direbus. Setelah berwarna kemerahan, air rebusan ditambah air jeruk nipis, lalu disaring hingga ampasnya tertinggal. Setelah dingin, air rebusan tadi dikocok, lalu dituangkan ke dalam gelas.Jadi deh Bir Jawa ini.


2. Wedang Uwuh
Dalam bahasa Jawa, Wedang bearti minuman. dan Uwuh berarti sampah.Eits tapi minuman ini bukan minuman sampah loh. Minuman ini dinamakan demikian karena bahan-bahan dedaunan yang mirip dengan sampah. Wedang uwuh disajikan saat panas atau hangat dan memiliki rasa manis juga pedas dengan warna merah cerah dan aroma harum. Warna merah in berasal dari secang sedangkan rasa pedas ini dari jahe.

3. Wedang Ronde
adalah salah satu minuman yang airnya berasal dari air gula yang diberi jahe sehingga rasanya pedas, dan disajikan dalam keadaan hangat. Sedangkan rondenya terbuat dari ketan dan didalamnya berisi kacang lalu ada Kolang kaling rebus( diiris kecil-kecil ), Roti tawar ( dikupas kulitnya ) dipotong kotak dan sagu mutiara merah.


Jadi tunggu apalagi, Ayo ke Yogyakarta dan cicipi minuman khas Yogya ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar